PSN di Mangga Dua Selatan Digencarkan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, digencarkan.

Hari ini PSN dilangsungkan di RW 08 dan dihadiri langsung Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi.

Dikatakan Irwandi, kegiatan PSN bertujuan mengurangi serta mengantisipasi berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti pembawa penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Saya ingatkan kembali para kader untuk terus memantau dan melaporkan serta mengedukasi warga untuk tetap menjalankan 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur," ujar Irwandi

Menurutnya, kegiatan PSN selama ini terbukti ampuh menekan kasus DBD. Karena siklus perkembangbiakan nyamuk memang terjadi setiap satu pekan sekali. Diingatkan juga kepada warga untuk ikut andil dan saling membantu dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra menjelaskan kegiatan PSN di wilayahnya ini rutin dilaksanakan dua kali seminggu pada hari Rabu dan Jumat, lalu evaluasi dari hasil pengawasan tersebut dilaksanakan sekali dalam seminggu.

"Tadi kami melakukan sampel pengecekan PSN di tiga lokasi yakni RT 01, 11, dan 13 RW 08. Pemeriksaan pada kantor RW, ruko, dan setiap saluran, di lokasi tersebut tidak ditemukan jentik nyamuk karena sudah bersih dan di ruko pun pemiliknya sudah memelihara ikan cupang. Begitu juga pada saluran air semuanya bersih dari jentik nyamuk," tandas Agata.